TUGAS 1.1.a.9 AKSI NYATA MODUL 1.1

Oleh Hadi Suwarno, S.Pd
Cgp Angkatan 6 kab. Sampang

Penerapan Pemikiran KHD
Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Yang berpihak pada murid
Dengan membuat kesepakatan belajar dari awal masuk lingkungan sekolah
hingga kesepakatan belajar didalam kelas

A. Latar Belakang

Tugas utama seorang guru adalah menuntun peserta didik agar dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar, dan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, suasana yang menyenangkan dalam belajar tidak hanya tercipta dari ruang kelas yang kondusif namun juga seluruh sekolah dan sekitarnya juga mendukung.Dalam proses menuntun anak kondisi lingkungan sekolah merupakan tempat untuk tumbuh kembangnya anak sesuai kodrat alam dan kodrat jaman harus menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada murid.Sekolah adalah lahan penyemaian benih-benih kehidupan dalam arti kata bahwa sekolah adalah tempat untuk mencetak generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan menjadi manusia yang bertanggung jawab.Oleh Karena itu,untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif di sekolah dan dalam kelas penting apalagi sekolah kami berbasis pondok modern . Oleh karena itu saya membuat kesepakatan belajar dari awal masuk lingkungan sekolah hingga kesepakatan belajar didalam kelas dengan melibatkan siswa dan semua warga lingkungan sekolah termasuk rekan guru lainnya untuk memberikan panutan atau teladan kepada siswa.

B. Tujuan dan Deskripsi Aksi Nyata

Ada dua Tujuan dari aksi nyata ini yaitu pertama untuk pembiasaan peserta didik tentang kedisiplinan dan membentuk generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan menjadi manusia yang bertanggung jawab. Kedua dapat mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan melalui pembuatan kesepakatan belajar yang melibatkan peserta didik sesuai dengan bakat dan kemampuan peserta didik sehingga terciptanya kemerdekaan belajar.

1. Perencanaan

Saya menyusun kegiatan aksi nyata ini sesuai dengan karakter, bakat dan kebutuhan anak agar Lingkungan Belajar Yang berpihak pada murid Dengan membuat kesepakatan belajar dari awal masuk lingkungan sekolah hingga kesepakatan belajar didalam kelas yang disusun bersama semua peserta didik Peserta didik dilibatkan dalam membuat kesepakatan belajar dari awal masuk lingkungan sekolah hingga kesepakatan belajar didalam kelas sesuai dengan pendapat dan aspirasinya yang nantinya akan menjadi peraturan yang kita sepakati bersama dan dijalankan bersama. Sehingga peserta didik dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar, dan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar.

Berikut langkah-langkah membuat kesepakatan bersama peserta didik yang saya dampingi
  1. Saya meminta ijin kepada kepala sekolah dalam kegiatan membuat kesepakatan belajar dari awal masuk lingkungan sekolah hingga kesepakatan belajar didalam kelas.
  2. Saya mendatangi tiap kelas pada saat jam istirahat melakukan pertemuan dalam membahas kesepakatan belajar dari awal masuk lingkungan sekolah hingga kesepakatan belajar didalam kelas dengan membagikan format kesepakatan untuk mereka tulis sendiri di dalam kelas untuk disepakati bersama.
  3. Saya mengjak peserta didik memikirkan kesepakatan dengan hati yang tenang dan penuh kesadaran didalam membuat kesepakatan
  4. Saya meminta peserta didik meluliskan kesepakatan sesuai dengan keinginan peserta didik scara sadar
  5. Saya meminta peserta didik menuliskan kesepakatan yang disepakati bersama
  6. saya meminta perwakilan peserta didik untuk membacakan kesepakatan yang sudah terbentuk
Berikut hasil kesepakatan yang sudah terbentuk untuk dijalankan bersama Kesepakatan masuk lingkungan sekolah:
  1. Peserta didik hadir di sekolah menggunakan pakaian seragam rapi lengkap dengan atribud sesuai peraturan sekolah
  2. Setiap hari Senin, siswa-siswi wajib mengikuti upacara bendera
  3. Peserta didik Hadir di sekolah paling lambat lima belas menit sebelum bel jam pelajaran pertama berbunyi
  4. Peserta didik, didampingi guru piket dan guru pengajar jam pertama hadir di sekolah menemani peserta didik membaca sholawat Al Fathih yang dilaksanakan tiap pagi dengan pembacaan dilakukan sepuluh menit sebekum bel jam pelajaran pertama berbunyi.
  5. Setelah pembelajaran sholawat fathih siswa diperkenankan masuk ke dalam kelas masing-masing dengan cara siswa putri mendahului masuk terlebih dahulu baru disusul siswa putra dengan disambut senyum,salam dan sapa guru di depan pintu masuk sekolah dengan beratat tangan
  6. Siswa memasuki keruangan kelas dengan adab sopan santun dan tertib
Kesepakatan belajar didlam kelas
  1. Peserta didik masuk kelas tepat waktu dan tidak telat
  2. Peserta didik yang tidak masuk wajib mengirimkan surat ijin tidak masuk sekolah.
  3. Sebelum proses belajar mengajar dimulai peserta didik harus berdoa seperti biasa
  4. Peserta didik wajib mengikuti pelajaran dengan aktif sesuai kemampuannya baik belajar mandiri ataupun       dalam pelajaran berkelompok
  5. Pada saat diskusi kelompok semua anggota kelompok wajib berperan aktif
  6. Pada saat diskusi kelompok semua siswa harus saling menghargai satu sama lainnya
  7. Pada saat presentasi kelompok peserta didik wajib mengikuti dengan baik dan terlibat aktif dalam menyampaikan ide dan gagasan pemahaman materi yang dikuasai
  8. Peserta didik harus terlibat aktif ketika memberikan kesimpulan pada saat proses diskusi pelajaran selesai
  9. Peserta didik diperkenankan keluar kelas dengan ijin terlebih dahulu atau pada saat bel jam istirahat dan        saat bel pulang sekolah dengan tertib

2. Penerapan

Setelah peserta didik sepakat membuat kesepakatan bersama maka saya sebagai pendidik juga harus
terlibat dalam melaksanakan kesepakatan itu dengan cara
  1. membuat poster yang di tempel di setiap kelas
  2. Memastikan bahwa semua peserta didik telah mematuhi semua kesepakatan yang dibuat dengan menjalin kolaborasi dengan semua wali kelas untuk memastikan tidak ada yang melanggar kesepakatan
  3. Memastikan semua rekan Guru ikut terlibat dalam mensukseskan kesepakatan ini dengan cara selalu mengingatkan kesepakatan yang sudah disepakati baik dalam masuk lingkungan sekolah atau pun ketika belajar didalam kelas
  4. Mencatat siswa yang aktif dan siswa yang patuh atas kesepakatan untuk mendapatkan apresiasi sebagai bahan penyemangat peserta didik lain untuk berlomba-lomba mematuhi kesepakatan yang telah dibuat dan di apresiasi ketika setiap pelaksanaan upacara bendera hari senin.

3. Refleksi

Setelah melakukan kegiatan aksi nyata ini, dan melihat situasi dan kondisi yang ada pasti ada kegagalan dan keberhasilan. Adapun dari hasil kegagalan antara lain tidak semua peserta didik bisa mengikuti kesepakatan yang dibuat dengan baik.ada beberapa di antara peserta didik belum bisa konsisten menjalankan apa yang sudah disepakati. Adapun keberhasilan dari kesepakatan yang dibuat adalah ada perubahan baik dari peserta didik setelah mematuhi kesepakatan yang sudah disepakati dari segi kedisiplinan dan keaktifan siswa dalam
proses belajar mengajar di kelas sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Dari hasil refleksi tersebut akan ada rencana perbaikan dimasa yang akan datang jika ada yang perlu untuk diperbaiki. Sebelum melakukan rencana perbaikan tidak ada salahnya jika mendengarkan dan mengumpulkan testimoni untuk perubahan yang akan datang lebih baik lagi jika memang diperlukan

Berikut hasil testimoni

Rekan Guru atas nama ibu Nur Anisah, S.P guru biologi SMAS Darussyahid menyatakan bahwa pendidikan guru penggerak berdampak luar biasa bagi peserta didik terutama dalam menuntun peserta didik untuk mecapai keselamatan yang setingi-tingginya, membentuk karater baik serta kedisiplinan yang baik. 

Peserta didik atas nama Mohammad Alfan Kamali selaku ketua OSIS SMAS darussyahid menyatakan bahwa kesepakatan yang dibuat bukan untuk dilanggar akan tapi untuk dijalankan karena kesepakatan dibuat oleh peserta, untuk peserta didik dan hasilnya demi kebaikan peserta pula. Ini melatih saya menjadi sosok manusia yang berdisiplin tinggi serta bertanggung jawab dalam mengikuti proses belajar mengajar yang lebih baik.

Peserta didik atas nama Hoirul anam kelas XII IPS mengatakan dengan jujur kesepakatan ini memang dapat menjadikan saya untuk lebih bersikap disiplin positif.

C. Tolak Ukur Keberhasilan

Adapun tolak ukur keberhasilan aksi nyata ini adalah
  1. Murid dapat membuat kesepakatan belajar bersama dengan dibimbing oleh guru
  2. Dari kesepakan yang dibuat murid dapat menuangkan dalam poster untuk ditempel dalam ruangan kelasnya
  3. Murid dapat menjalankan pembiasaan-pembiasaan disiplin positif sesuai dengan kesepakatan belajar yang sudah disepakati dengan baik

D. LAMPIRAN BUKTI AKSI NYATA
Dokumentasi kolaborasi murid menyusun kesepakatan


Dokumentasi Penanda tanganan kesepakatan oleh kepala Sekolah

Dokumentasi Penerapan atau pelaksanaan kesepakatan


















Comments

Popular posts from this blog